header-int

Sisi positif sistem Zonasi bagi Sekolah Swasta

Selasa, 25 Jun 2019, 07:13:26 WIB - 85 View
Share
Sisi positif sistem Zonasi bagi Sekolah Swasta

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoensia  tahun ini sudah  menerapkan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK  dan SMP tahun 2018, terutama di jawa Timur . Sistem zonasi dalam PPDB 2018 itu diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018. Isinya, menyatakan bahwa kriteria utama pada seleksi PPDB adalah jarak dari rumah calon siswa ke sekolahnya. Sistem ini bertujuan untuk memudahkan sekolah untuk  merencanakan (PPDB) di tahun selanjutnya termasuk segala  kebutuhannya.

Sistem zonasi Dinas Pendidikan dan sekolah sudah bisa merencanakan (PPDB) untuk tahun awal tahun ajaran baru tahun depan. Karena baik  Dinas Pendidikan maupun sekolah sudah tahu berapa jumlah siswa SMP yang akan lulus dan hendak masuk SMA/SMK di satu kawasan tertentu.

Dengan sistem zonasi, PPDB menitik beratkan berdasarkan radius terdekat rumah calon siswa ke sekolah yang di tuju.dengan demikian maka sekolah di kawasan dengan populasi padat, bisa saja kekurangan rombel dan mengajukannya sejak jauh hari ke Kemendikbud, tentunya harus ada argumentasi yang jelas dari masing-masing sekolah yang mau menambah menambah jumlah rombelnya.

Sekolah harus cerdas mensiasati kebutuhan rombel ini. Kepala sekolah itu harus bisa mengatur layaknya manajer, itu sesuai peraturan yang baru. Diperlukan sosialisasi yang meneyeluruh terhadap para orang tua siswa SMP jika lulus maka anaknya akan masuk di SMA/SMK yang masih dalam radius yang sama. Sistem ini juga sekaligus untuk memerangi praktik kecurangan di sekolah yang selama ini terjadi.

Dari argumen diatas, maka kita sebagai praktisi pendidikan terutama di lembaga pendidikan swasta dapat di sisi positif dari kegiatan PPDB system Zonasi ini antara lain :

Adanya Pemerataan dan Penyebaran siswa yang berprestasi di masing-masing sekolah dapat terpantau dengan baik.

Penyebaran siswa yang pintar kini tidak lagi hanya terpusat di sekolah-sekolah favorit, melainkan lebih merata ke semua sekolah.

Adanya Persaingan sehat antar Sekolah dimasing-masing domisili siswa.

System zonasi ini tentunya akan berimbas terhadap kesiapan masing-masing sekolah untuk berupaya meningkatkan kualitas, baik dari sisi prasarana, dan juga kualitas tenaga pengajar. Akibatnya, sekolah-sekolah lain yang dulu tidak difavoritkan harus berupaya meningkatkan kualitas, baik dari sisi sarana prasarana, juga dari sisi kualitas tenaga pengajar.

Sekolah Swasta Dapat Mengambil Berkah Menampung Siswa Yang tidak lolos Seleksi PPDB online

Kuota yang terbatas dan di tentukan oleh Dinas Pendidikan, sehingga sekolah tidak lagi leluasa menargetkan penerimaan siswa barunya. jumlah pendaftar yang banyak, tentunya tidak menjamin akan semua pendaftar dapat diterima.

Bagi siswa yang tidak masuk dalam kouta sekolah negeri, maka secara otomatis mereka akan masuk sekolah swasta. Inilah peluang yang menjadikan sekolah swasta dapat mengambil berkah dari system zonasi ini. Hal ini juga akan memicu semangat untuk berbenah diri bagi sekolah swasta untuk menawarkan kualitas mutu sekolahnya bagi para siswa yang tidak lulus dalam penjaringan PPDB online.

Tiga kelebihan system zonasi PPDB ini penulis paparkan, semoga semua pihak dapat mengetahui, dan memahami serta mengikuti system PPDB online Tahun ini, bagi orang tua yang tahun ini anaknya mau melanjutkan ke jenjang menengah atas, harus sedini mungkin mempersiapkan diri, agar ketika waktu pelaksanaan tidak ada lagi masalah-masalah yang selalu ada di setiap tahun ajaran baru. Semoga bermnafaat..Amin

 

DARUSSALAM YAYASAN PP. DARUSSALAM | Jl. Raya Modong No. 5 Sidoarjo. Telp/WA. 0821-4067-3750 -. Sidoarjo - Jawa Timur - Indonesia
© 2019 Copyright. YAYASAN PP DARUSSALAM | Design by.TIM IT DARUSSALAM Follow Yayasan PP DARUSSALAM MODONG - TULANGAN - SIDOARJO - JAWA TIMUR : Facebook Twitter Linked Youtube